Skip to content

Menjadi Kristen Kelas Dunia

July 28, 2010

Kekristenan sering kali dianggap rendah bahkan tak bernilai, karena tak ada dampak. Lalu bagaimana cara untuk menjadi Kristen Kelas Dunia itu???

Kej 1:26 Berfirmanlah Allah: “Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.”

Kata ‘berkuasa’ dari Firman TUHAN di atas menunjukkan bahwa penciptaan Anda dan Saya adalah untuk berkuasa & serupa segambar alias berKelas atau unggul dan menjadi patron bagi semua mahkluk, tapi sejak Kitab Kejadian 3 manusia kurang kuasanya bahkan hilang jabatan kelas Dunia menjadi manusia Duniawi(karena dosa).

Tapi syukur kepada Allah, melalui Yesus Kristus yang telah mati di kayu salib bukan hanya untuk menebus dosa kita saja melainkan mengembalikan sesuai destinasi Ilahi tersebut dari manusia Duniawi ke Kristen kelas Dunia. Itu semua bukan terjadi secara instant, tetapi dilihat dari:

1. Cara Berpikir

Orang Kristen Kelas Dunia selalu memiliki cara pikir yang berpusat pada sesama buakan diri sendiri, memiliki pemikiran global bukan lokal, bahkan selalu berpikir tentang kekekalan, bukan yang sementara. Seperti ayat-ayat berikut.

Rom 8:5 Sebab mereka yang hidup menurut daging, memikirkan hal-hal yang dari daging; mereka yang hidup menurut Roh, memikirkan hal-hal yang dari Roh.

Kol 3:2 Pikirkanlah perkara yang di atas, bukan yang di bumi.

Fil 4:8 Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu.

2. Cara Berkata

Orang Kristen Kelas Dunia memiliki kesantuna berbicara, memiliki ciri khas bicara tegas, lugas, serta memperkatakan kebenaran, bahkan mengatakan ya di atas ya, berkata tidak di atas tidak. Seperti guru Agung yaitu Tuhan Yesus Kristus.

Baca Mat 12:37 & Ams 18:21

Yak 3:2 Sebab kita semua bersalah dalam banyak hal;barangsiapa tidak bersalah dalam perkataannya, ia adalah orang sempurna, yang dapat juga mengendalikan seluruh tubuhnya.
Mark 11:24 Karena itu Aku berkata kepadamu: apa saja yang kamu minta dan doakan, percayalah bahwa kamu telah menerimanya, maka hal itu akan diberikan kepadamu.

3. Cara Berbuat/ Bertindak

Orang Kristen Kelas Dunia selalu memiliki mentalitas di atas rata-rata. Jika di kehidupan ini ada sekolah kepribadian (membentuk sifat dan sikap darah biru atau ningrat), dalam kerohanian pun demikian ada sekolah karakter Roh Kudus sebab mengalir darah Yesus dalam tubuh Anda dan Saya.
Gal 5:22 Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, 23 kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.

Kol 3:23 Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia.

Pikiran, perkataan, dan perbuatan merupakan sinergi atau kekuatan yang tak dapat terpisahkan. Dari ketiga hal tersebutlah akan terlihat dimana kelas Kekristenan kita terlihat.

1Yoh 2:6 Barangsiapa mengatakan, bahwa ia ada di dalam Dia, ia wajib hidup sama seperti Kristus telah hidup.

Seri Pengajaran : Ev. Natanael Daud

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s