Skip to content

HIDUP DALAM ROH

March 11, 2010

I. Dipimpin Roh
Orang yg hidup dipimpin Roh Kudus menganggap Yesus sebagai Tuhannya, menantikan keputusan-keputusan dari Tuhan, bukan berpikir dan membuat keputusan sendiri.
Menjadi anak-anak Allah adalah hal yg amat mudah, dibutuhkan sedikit iman saja untuk mau percaya, mengaku Tuhan Yesus sebagai Juruselamat dan Tuhan serta mengundang Dia masuk ke dalam hati Anda, mengakui Darah-Nya sebagai pembayar dosa-dosa kita, lalu member diri di baptiskan, dan mengaku telah mati dan dibangkitkan melalui baptisan selam.
Tetapi selanjutnya untuk hidup tiap-tiap hari dipimpin oleh roh Kudus tak banyak yang mau melakukannya. Padahal definisi lain dari anak Allah adalah: ‘mau dipimpin oleh Roh Allah atau Roh Kudus. Jadi artinya yang tidak dipimpin Roh Kudus bukanlah anak Allah, walaupun telah melakukan semua hal di atas. Anak sipa mereka? Jelas ada dua pemimpin lain yakni diri sendiri atau setan.
• Rm 8:14 Semua orang, yang dipimpin Roh Allah, adalah anak Allah.
• Gal 5:18 Akan tetapi jikalau kamu memberi dirimu dipimpin oleh Roh, maka kamu tidak hidup di bawah hukum Taurat.
• Gal 5:25 Jikalau kita hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga dipimpin oleh Roh, 26 dan janganlah kita gila hormat, janganlah kita saling menantang dan saling mendengki
II. Siapa Bos Anda???
Orang yang hidup dalam daging, bosnya adalah dirinya sendiri. Hidupnya berpusatkan diri sendiri(ego-sentris). Ia tak akan pernah dapat “dipakai” oleh Tuhan, kecuali “diperalat” Tuhan. Firaun dan Yudas adalah orang-orang yang diperalat Tuhan sebagai bejana-bejana kebinasaan, bukan dipakai Tuahan sebagai bejana kemuliaan.
• Kis 8:29 Lalu kata Roh kepada Filipus: “Pergilah ke situ dan dekatilah kereta itu!”
• Kis 11:12 Lalu kata Roh kepadaku: Pergi bersama mereka dengan tidak bimbang! Dan keenam saudara ini menyertai aku. Kami masuk ke dalam rumah orang itu, 13 dan ia menceriterakan kepada kami, bagaimana ia melihat seorang malaikat berdiri di dalam rumahnya dan berkata kepadanya: Suruhlah orang ke Yope untuk menjemput Simon yang disebut Petrus.
• Rom 9:22 Jadi, kalau untuk menunjukkan murka-Nya dan menyatakan kuasa-Nya, Allah menaruh kesabaran yang besar terhadap benda-benda kemurkaan-Nya, yang telah disiapkan untuk kebinasaan– 23 justru untuk menyatakan kekayaan kemuliaan-Nya atas benda-benda belas kasihan-Nya yang telah dipersiapkan-Nya untuk kemuliaan,..
III. Roh Yang Damai
Berjalan dipimpin oleh Roh Kudus membuat kita berjalan dengan hati tenang, tak takut apapun karena Dia yang mengatur hidup kita sepenuhnya. Dan ini adalah standar untuk kita menguji, apakah kita hidup di dalam Roh atau di dalam daging. Bila ada rasa takut, cemas, bimbang, marah, jengkel, iri hati, stress, dll, berati Anda hidup di daerah daging.
Bila roh Anda damai, Anda dapat menimbang segala sesuatu dengan benar. Bila ada sesuatu yg terasa menekan dalam hati, Anda dapat membedakan apakah itu beban atau kuk Tuhan untuk dilakukan. Roh yg gelisah cenderung menilai salah.
Rom 5:1 Sebab itu, kita yang dibenarkan karena iman, kita hidup dalam damai sejahtera dengan Allah oleh karena Tuhan kita, Yesus Kristus.
Rom 8:6 Karena keinginan daging adalah maut, tetapi keinginan Roh adalah hidup dan damai sejahtera.
Rom 14:17 Sebab Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman, tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus.
2Kor 3:17 Sebab Tuhan adalah Roh; dan di mana ada Roh Allah, di situ ada kemerdekaan.
Mat 11:28 Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. 29 Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. 30 Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Kupun ringan.”
Yoh 1:46 Kata Natanael kepadanya: “Mungkinkah sesuatu yang baik datang dari Nazaret?”(prasangka)
1Tim 6:4 ia adalah seorang yang berlagak tahu padahal tidak tahu apa-apa. Penyakitnya ialah mencari-cari soal dan bersilat kata, yang menyebabkan dengki, cidera, fitnah, curiga, 5 percekcokan antara orang-orang yang tidak lagi berpikiran sehat dan yang kehilangan kebenaran, yang mengira ibadah itu adalah suatu sumber keuntungan.(prasangka)

Kesimpulan:
Jika anak Allah yg sudah ditebus dan dibayar
dengan Darah-Nya adalah, KITA harus dipimpin
oleh Dia(Roh Kudus) yang telah memiliki hidup kita sepenuhnya untuk kepentingannya. Amin

by. Ev. Natanael Daud
Jesus Bless you…

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s