Skip to content

gereja gereja di bakar di malaysia

January 14, 2010

Jakarta, 14 Januari 2010

DIBAKAR: Petugas pemadam kebakaran memeriksa satu gereja di Malaysia yang dibakar orang tak dikenal di Klang Valley pada Jumat (8/1) pagi waktu setempat. PM Malaysia Datuk Seri Najib Tun Razak dan Mentri Besar Selangor Tan Sri Khalid Ibrahim mengutuk serangan terhadap tiga gereja di negeri itu.Ketiga gereja yang dibakar itu adalah Metro Tabernacle Church di Desa Melawati, gereja Assumption Church di Jalan Templer dan gereja Life Tabernacle Church, keduanya di Petaling Jaya.(AP Photo)

Kuala Lumpur (SIB)
Tiga gereja di Malaysia dibakar oleh sekelompok orang. Kepolisian Malaysia saat ini tengah menyelidiki tiga kasus pembakaran gereja di Klang Valley pada Jumat, 8 Januari pagi waktu setempat. Serangan tersebut menyebabkan gereja-gereja itu mengalami kerusakan. Tak ada korban dalam insiden tersebut. Akibat aksi pembakaran tersebut, personel polisi dikerahkan untuk berpatroli di sekitar gereja-gereja. Demikian disampaikan Inspektur Jenderal Kepolisian Malaysia Tan Sri Musa Hassan.
“Personel polisi juga akan berpatroli di gereja-gereja seluruh negeri, khususnya di Klang Valley, untuk mencegah insiden-insiden buruk,” ujar petinggi kepolisian negeri jiran itu seperti dilansir harian Malaysia, The Star, Jumat (8/1). Ketiga gereja yang dibakar itu adalah Metro Tabernacle Church di Desa Melawati, gereja Assumption Church di Jalan Templer dan gereja Life Tabernacle Church, keduanya di Petaling Jaya.
Serangan terhadap gereja-gereja tersebut terjadi menjelang rencana aksi protes oleh kaum muslim pada hari ini. Mereka akan memprotes putusan Pengadilan Tinggi Kuala Lumpur yang menolak larangan bagi warga nonmuslim menggunakan kata “Allah” dalam literatur mereka. Larangan tersebut telah berlangsung selama 3 tahun.
Putusan pengadilan pada 31 Desember 2009 tersebut telah menimbulkan kemarahan banyak umat muslim di Malaysia. Komentar-komentar bernada kebencian dan ancaman terhadap umat Kristen banyak diposting di internet. Namun ini kali pertama kontroversi tersebut berubah menjadi destruktif dengan serangan terhadap gereja-gereja.
Masalah tersebut mengancam hubungan antara penduduk Malaysia yang mayoritas Muslim dengan etnis minoritas China dan India yang memeluk ajaran Kristen, Hindu dan Budha. Kristen, termasuk sekitar 800.000 pemeluk Katholik, merupakan bagian sembilan persen dari penduduk Malaysia. Malaysia, sekitar 60 persen dari jumlah penduduknya, adalah Muslim dan tidak diizinkan untuk pindah ke agama lain.
PM Najib Kutuk Pembakaran Gereja di Malaysia
Perdana Menteri Malaysia Datuk Seri Najib Tun Razak mengutuk serangan terhadap tiga gereja di negeri itu. “Saya mengutuk tindakan tersebut karena itu akan menghacurkan keharmonisan negara kita,” kata Razak pada wartawan seperti dilansir harian Malaysia, The Star, Jumat (8/1).
“Pemerintah akan mengambil langkah-langkah apapun yang bisa mencegah tindakan-tindakan tersebut,” tegas pemimpin negeri jiran itu. Dikatakan Najib, dirinya telah memerintahkan kepala kepolisian nasional untuk meningkatkan pengamanan di gereja-gereja dan tempat-tempat ibadah lainnya.
Sejumlah figur publik di Malaysia juga mengutuk aksi pembakaran terhadap tiga gereja pada Jumat, 8 Januari pagi waktu setempat. Ketua Pemuda Umno Khairy Jamaluddin mengatakan, ini hari yang buruk bagi Malaysia. “Ini perbuatan tercela. Ini bukan Malaysia yang saya kenal,” cetus Khairy. Dia mendesak polisi untuk bertindak tegas.
Kecaman juga disampaikan Mentri Besar Selangor Tan Sri Khalid Ibrahim yang berkunjung ke Assumption Church, salah satu gereja yang menjadi target serangan. “Saya minta polisi memberikan perlindungan pada semua gereja dan melakukan investigasi menyeluruh atas serangan di Assumption Church,” katanya. Khalid juga bersyukur karena otoritas gereja telah menjamin bahwa mereka tidak akan bereaksi atas serangan tersebut. (Ant/detikcom/i)

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s