Skip to content

Dua Kesadaran Rohani

July 30, 2009

Melanjutkan seri pengajaran ‘Kesadaran Rohani’, mari sekarang kita melihat bersama fakta tentang ‘Dua Kesadaran Rohani’.
Masalah kekristenan terbesar adalah kurang terbangunnya kesadaran, sebab banyak sekali orang kristen yang telah menjadi kristen sejak dari lahir tetapi soal kesadaran tidak pernah terbuka bahkan terkesan begini-begitu saja alias tidak sadar-sadar(staknan), sebab itulah lewat pengertian di dalam tulisan ini jika Anda sadar, mengerti dan memahami kebenaran maka akan termerdekakan.

Kesadaran yang pertama adalah: Pindah Daerah
Mari kita bicarakan hal ini, secara terbuka di dalam Alkitab. Bicara pindah daerah banyak yang belum pindah maupun tak mengerti apa sih pindah daerah?

Yohanes 5:24 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa mendengar perkataan-Ku dan percaya kepada Dia yang mengutus Aku, ia mempunyai hidup yang kekal dan tidak turut dihukum, sebab ia sudah pindah dari dalam maut ke dalam hidup.

Dari ayat di atas nyatalah kita temukan ada daerah maut dan ada daerah hidup, kita tahu sejak Anda terima Yesus debagai Tuhan dalam hati Anda maka Anda dipindahkan dari gelap kepada terang atau dari kuasa setan(maut) kepada kuasa Tuhan(hidup) –Yohanes 10:10 Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan–.

Tetapi dalam kehidupan ini selalu terkondisikan seperti orang mati alias berada di dalam kegelapan yang tanpa arah, tujuan bahkan bertingkah layaknya karakter non-surgawi.

Kolose 1:13 Ia telah melepaskan kita dari kuasa kegelapan dan memindahkan kita ke dalam Kerajaan Anak-Nya yang kekasih;

Jelas bukan? Bahwa lewat ayat-ayat di atas dimana posisi kita atau daerah kita berada?

Kesadaran yang kedua adalah: Posisi Anak Allah

1. Anda dan Saya diangkat menjadi anak-anak Allah.

Mari lihat ayat ini: Yohanes 1:12 Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya; 13 orang-orang yang diperanakkan bukan dari darah atau dari daging, bukan pula secara jasmani oleh keinginan seorang laki-laki, melainkan dari Allah.

Yesus adalah Anak Sulung Bapa Surgawi, sedang Anda dan saya ‘anak adopsi’ tetapi diberikan kekehormatan demi kehormatan yang tak beda dengan Yesus yang adalah ANAK SULUNG BAPA.

2. Di dudukkan di sebelah kanan Bapa.

Mari lihat ayat ini: Efesus 1:20 yang dikerjakan-Nya di dalam Kristus dengan membangkitkan Dia dari antara orang mati dan mendudukkan Dia di sebelah kanan-Nya di sorga, Efesus 2:6 dan di dalam Kristus Yesus Ia telah membangkitkan kita juga dan memberikan tempat bersama-sama dengan Dia di sorga,

Luar biasa! Anda dan Saya diposisikan spesial disebelah Yesus yang juga di sebelah Bapa, menggambarkan mentalitas yang sama sebab duduk bersejajar dengan ke Ilahian. Jadi kalau Bapa dan Yesus punya kuasa otomatis Anda dan Saya pun memiliki kuasa tersebut.

3. Dijadikan Ahli Waris

Mari lihat ayat ini: Roma 8:17 Dan jika kita adalah anak, maka kita juga adalah ahli waris, maksudnya orang-orang yang berhak menerima janji-janji Allah, yang akan menerimanya bersama-sama dengan Kristus, yaitu jika kita menderita bersama-sama dengan Dia, supaya kita juga dipermuliakan bersama-sama dengan Dia.

Anda dan saya adalah ahli waris jadi apa yang Bapa punya, juga punya Anda dan Saya, amen. Sudahkah ada ‘Dua Kesadaran Rohani’ ini di dalam hati, pikiran, dan perbuatan Anda???

Seri Pengajaran

Ev. Natanael Daud

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s