Skip to content

Tingkat Pertumbuhan Rohani

June 26, 2009

Banyakorang Kristen atau yang sudah melayani telah merasa maksimal atau cukup dalam pertumbuhan rohaninya, pada hal jika kita lebih simak dan tinjau lebih dalam rupanya pertumbuhan rohani ada tingkatannya. Tingkatan pertumbuhan rohani ada sampai bisa menerima apa yang berasal dari Roh Allah bahkan tingkat kesempurnaan sama seperti Bapa yang di surga adalah sempurna.

Hal-hal dibawah ini dapat memberikan masukan atau alat pengukurnya telah sampai dimana tingkat rohani Anda.

Untitledgambar 1.0 Manusia duniawi

1. Manusia Duniawi

Kita mengetahui hal pertama ini jika digambarkan

bahwa Yesus masih diluar artimya hidupnya masih diluar Yesus.

cth2

gambar 2.0 Bayi rohani

2. Bayi Rohani

Rasul Paulus menuliskan pengalamannya berhadapan dengan Jemaat Korintus sebagai jemaat yang kaya dalam segala macam perkataan dan segala pengetahuan (banyak pengajaran dan pengetahuan Alkitab) dan segala karunia roh. Namun mereka tak lain adalah bayi-bayi rohani yang hanya mampu menerima “susu” dan belum mampu makan makanan keras.

1Kor 1:5 Sebab di dalam Dia kamu telah menjadi kaya dalam segala hal: dalam segala macam perkataan dan segala macam pengetahuan, 6 sesuai dengan kesaksian tentang Kristus, yang telah diteguhkan di antara kamu. 7 Demikianlah kamu tidak kekurangan dalam suatu karuniapun sementara kamu menantikan penyataan Tuhan kita Yesus Kristus.

1Kor 3:1 Dan aku, saudara-saudara, pada waktu itu tidak dapat berbicara dengan kamu seperti dengan manusia rohani, tetapi hanya dengan manusia duniawi, yang belum dewasa dalam Kristus. 2 Susulah yang kuberikan kepadamu, bukanlah makanan keras, sebab kamu belum dapat menerimanya. Dan sekarangpun kamu belum dapat menerimanya. 3 Karena kamu masih manusia duniawi. Sebab, jika di antara kamu ada iri hati dan perselisihan bukankah hal itu menunjukkan, bahwa kamu manusia duniawi dan bahwa kamu hidup secara manusiawi? 4 Karena jika yang seorang berkata: “Aku dari golongan Paulus,” dan yang lain berkata: “Aku dari golongan Apolos,” bukankah hal itu menunjukkan, bahwa kamu manusia duniawi yang bukan rohani?

Dari ayat-ayat diatas yang bergaris bawah kita dapat menerima pengertian bahwa jemaat Korintus luar biasa dalam hal karunia artinya bukan Cuma sekedar Kristen tapi berkarunia biasa dipakai di kepelayanan, tetapi masih berkarakter manusia duniawi dan cuma susu belum dapat memakan makanan keras artinya ya, bayi rohani.

cth3

gambar 3.0 Dewasa rohani

3. Dewasa Rohani

Bercirikan sanggupan menerima hal-hal yang berasal dari Roh Allah, mampu menilai segala sesuatu secara rohani, bukan sebaliknya.

Sama seprti bayi-bayi yang baru lahir, kemampuan mengunakan panca indera belum bertumbuh, namun dengan bertambah dewasa maka melihat, menderngar, mencium, meraba makin pekak atau mengerti.

1Kor 13:10 Tetapi jika yang sempurna tiba, maka yang tidak sempurna itu akan lenyap. 11 Ketika aku kanak-kanak, aku berkata-kata seperti kanak-kanak, aku merasa seperti kanak-kanak, aku berpikir seperti kanak-kanak. Sekarang sesudah aku menjadi dewasa, aku meninggalkan sifat kanak-kanak itu.

1Kor 2:14 Tetapi manusia duniawi tidak menerima apa yang berasal dari Roh Allah, karena hal itu baginya adalah suatu kebodohan; dan ia tidak dapat memahaminya, sebab hal itu hanya dapat dinilai secara rohani. 15 Tetapi manusia rohani menilai segala sesuatu, tetapi ia sendiri tidak dinilai oleh orang lain.

Sekali lagi lewat tiga poin di atas pastinya kita tidak cuma mengerti melainkan bisa dijadikan alat bantu ukur dimana posisi rohani Kita?

Poin 1. jika kita belum terima Dia, poin 2. udah Kristen sih, bahkan berkarunia tapi masih duniawi, tetapi poin ke 3. ini sering menjadi pertanyaan: “ Apa mungkin kita bisa mendengar suaraNya, apalagi sempurna?” jawabannya: sesuai dengan ayatnya: “B I S A!”

Amin.

Tag : penghalang pertumbuhan rohani | Iman kristiani | kadar iman | iman | artikel

Ev. Natanael Daud

One Comment leave one →
  1. DebugSolver permalink
    June 29, 2009 6:00 am

    thanks ya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s