Skip to content

Kadar Iman

June 19, 2009

Kadar iman adalah takaran, ukuran seseorang, memang masing-masing orang tidak sama, ada yang negatif, sekedar ada iman, iman yang besar, bahkan ada iman yang membuat Tuhan Yesus terheran heran, dan ada pula iman yang sempurna.

Ibr 11.1 Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat. (untuk mengeti lebih lengkap tentang iman Anda bisa buka di http://www.rtministry.wordpress.com )

1. Mat 8:26 Ia berkata kepada mereka: “Mengapa kamu takut , kamu yang kurang percaya ?” Lalu bangunlah Yesus menghardik angin dan danau itu, maka danau itu menjadi teduh sekali.
Perhatikan kata yang di garis bawah, kalau ada ketakutan maka iman susut jadi berkurang dari kadar stabi.

2. Mat 9:22 Tetapi Yesus berpaling dan memandang dia serta berkata: “Teguhkanlah hatimu, hai anak-Ku, imanmu telah menyelamatkan engkau.” Maka sejak saat itu sembuhlah perempuan itu.
Karena ada iman perempuan pendarahan 12 thn di sembuhkan, sekalipun sekedar ada iman.

3. Mat 15:28 Maka Yesus menjawab dan berkata kepadanya: “Hai ibu, besar imanmu , maka jadilah kepadamu seperti yang kaukehendaki.” Dan seketika itu juga anaknya sembuh.
Ibu yang anaknya sakit keras sangat berharap sekalipun diperbandingkan dengan seekor anjing, dia bertahan hingga diperhitungkan Yesus sebagai iman yang besar.

4. Mat 8:10 Setelah Yesus mendengar hal itu, heranlah Ia dan berkata kepada mereka yang mengikuti-Nya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya iman sebesar ini tidak pernah Aku jumpai pada seorangpun di antara orang Israel.
Yesus sampai kagum dengan seorang perwira dimana dia masih ada atasannya dan imannya manteb akan perkataan Yesus untuk prajuritnya disembuhkan.

5. 1Kor 13:2 Sekalipun aku mempunyai karunia untuk bernubuat dan aku mengetahui segala rahasia dan memiliki seluruh pengetahuan; dan sekalipun aku memiliki iman yang sempurna untuk memindahkan gunung, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama sekali tidak berguna.
Ayat ini merupakan anti klimaks dan kunci akhir pelajaran iman, karena berbicara tentang iman yang sempurna. Karena itu renungan pelajaran tentang kadar iman dapat menjadi alat diteksi bagi kita di mana posisi iman kita saat ini, jika masih di level 1 atau 2 belajarlah agar level tingkatannya makin naik kadarnya.

Seri Pengajaran
Ev. Natanael Daud

Tag : iman kristiani | iman | penghalang pertumbuhan rohani | artikel

6 Comments leave one →
  1. REVIVAL TOTAL MINISTRY permalink*
    June 20, 2009 8:01 am

    Tuhan memberkati !

Trackbacks

  1. Penghalang Pertumbuhan Rohani «
  2. Iman Kristiani «
  3. Iman «
  4. Aristokrasi «
  5. Tingkat Pertumbuhan Rohani «

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s