Skip to content

4 SUNGAI TAMAN EDEN

March 30, 2011

PENCIPTAAN FASILITAS
Perhatikan ayat dibawah, ternyata sebelum Adam ada Tuhan Allah lebih dahulu menciptakan fasilitas lebih dahulu baru di bentuk Adam untuk menempatkannya di taman Eden tersebut.
1. Kej 2:11 Yang pertama, namanya Pison, yakni yang mengalir mengelilingi seluruh tanah Hawila, tempat emas ada.12 Dan emas dari negeri itu baik; di sana ada damar bedolah dan batu krisopras.13 Nama sungai yang kedua ialah Gihon, yakni yang mengalir mengelilingi seluruh tanah Kush. 14 Nama sungai yang ketiga ialah Tigris, yakni yang mengalir di sebelah timur Asyur. Dan sungai yang keempat ialah Efrat.

EMPAT SUNGAI TAMAN EDEN
PISON = ” increase” = berkembang
GIHON = ” bursting forth” = meledak, membuka keras, pecah — seterusnya
TIGRIS = ” rapid” = deras(air), capat(terbakar), laju
EFRAT = ” fruitfulness” = berhasil, bermanfaat, subur

DI TEMPATKAN DALAM FASILITAS
2. Kej 2:15 TUHAN Allah mengambil manusia itu dan menempatkannya dalam taman Eden untuk mengusahakan dan memelihara taman itu.

DI PECAT
3. Kej 3:23 Lalu TUHAN Allah mengusir dia dari taman Eden supaya ia mengusahakan tanah dari mana ia diambil.

LOWONGAN DARI YESUS
4. Yoh 1:12 Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya;13 orang-orang yang diperanakkan bukan dari darah atau dari daging, bukan pula secara jasmani oleh keinginan seorang laki-laki, melainkan dari Allah.
5. Mrk 2:17 Yesus mendengarnya dan berkata kepada mereka: “Bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit; Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa.”

SALIB YESUS / 4 SUNGAI DI DALAM KITA
6. Efs 3:18 Aku berdoa, supaya kamu bersama-sama dengan segala orang kudus dapat memahami, betapa lebarnya dan panjangnya dan tingginya dan dalamnya kasih Kristus,19 dan dapat mengenal kasih itu, sekalipun ia melampaui segala pengetahuan. Aku berdoa, supaya kamu dipenuhi di dalam seluruh kepenuhan Allah.
Ayat di atas sangat memberi pengertian tanpa penafsiran yang berlebih, bahwa doa Paulus memberi gambaran Kasih Yesus lewat 4 sudut kayu salib dan memberi pengertian bahwa sungai taman Eden dan fasilitasnya sdh ada dalam hidup kita. Karenanya selalu di kitab Perjanjian Baru selalu bertuliskan ‘telah’ yg berarti sudah.
FASILITAS TERSEDIA
7. Mar 11:24 Karena itu Aku berkata kepadamu: apa saja yang kamu minta dan doakan, percayalah bahwa kamu telah menerimanya, maka hal itu akan diberikan kepadamu.
8. Efs 1:3 Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus yang dalam Kristus telah mengaruniakan kepada kita segala berkat rohani di dalam sorga.
9. 1Pet 2:24 Ia sendiri telah memikul dosa kita di dalam tubuh-Nya di kayu salib, supaya kita, yang telah mati terhadap dosa, hidup untuk kebenaran. Oleh bilur-bilur-Nya kamu telah sembuh.
Dst….
FASILITAS MALAIKAT
10. Ibr 1:14 Bukankah mereka semua adalah roh-roh yang melayani, yang diutus untuk melayani mereka yang harus memperoleh keselamatan?

KELUARGA ALLAH
11. Efs 2:19 Demikianlah kamu bukan lagi orang asing dan pendatang, melainkan kawan sewarga dari orang-orang kudus dan anggota-anggota keluarga Allah,

Keluarga Allah adalah cita-cita kerajaan Surga sejak awal penciptaan, jadi seri 4 sungai taman Eden memberikan kita pengajaran Ilahi yang sebih jelas dan gamblang. Gbu

Seri Pengajaran: Ev. Natanael Daud

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.